Mataram (Global FM Lombok)- Penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah berjalan sekitar dua tahun. Di Provinsi NTB, UNBK ini baru diterapkan oleh sejumlah sekolah yang sudah memiliki fasilitas lengkap seperti sekolah negeri. Namun, tahun 2018 ini Pemerintah Provinsi NTB menargetkan agar UNBK bisa diterapkan oleh semua sekolah.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, H. Muhammad Suruji kepada Global FM Lombok Selasa (23/1) Mataram. Ia mengatakan, untuk merealisasikan penerapan UNBK di semua sekolah di NTB, Pemprov NTB dalam ini Dinas Dikbud akan memberikan bantuan komputer. Adapun jumlah bantuan yang akan diberikan yaitu sekitar 2000 unit.

“SMA/SMK itu bisa 100 persen. Bahkan kita sudah koordinasi dengan dinas kabupaten supaya SMP juga 100 persen,”harap Sujuri.

Selain ditingkat SMA/SMK, penerapan UNBK ini diharapkan juga bisa dilakukan di tingkat SMP. Dengan target tersebut, Dinas Dikbud NTB sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten kota untuk menerapkannya. Karena penerapan UNBK ini dinilai bisa mengantisipasi terjadinya kecurangan terutama dalam hal beredarnya kunci jawaban palsu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram, H. Sudenom memastikan tidak ada tambahan SMP yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2018 ini. Jumlah SMP yang melaksanakan UNBK tahun ini masih sama dengan tahun 2017 lalu yaitu sebanyak enam sekolah dari total 45 SMP. Pasalnya, sekolah lain tidak ada yang siap dari sisi infrastruktur seperti sarana prasarana UNBK.  Selain  itu, Pihaknya juga tidak memaksakan sekolah untuk menggelar UNBK lantaran nilai hasil ujiannya justru lebih bagus sekolah yang menggelar Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Sumber : globalfmlombok.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: